SEJARAH

SEJARAH SINGKAT HMJ BIOLOGI "SEMUT MERAH"

HMJ Biologi “Semut Merah” merupakan organisasi mahasiswa intra kampus dibawah naungan Jurusan Biologi. Organisasi ini didirikan atas dasar penampung wadah mahasiswa. Induk daripada HMJ Biologi “Semut Merah” yaitu Jurusan Biologi yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Menteri Agama RI dengan Nomor 1/O/SKB/2004 dan ND/B.V/Hk. 00.1/058/04 tanggal 8 Oktober 2004 tentang Perubahan Bentuk Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malang menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Malang serta Keputusan Dirjen Kelembagaan Agama Islam Nomor DJ.I/529/2004 tentang izin Penyelenggaraan Program Studi jenjang Strata Satu (S-1) pada Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang Jawa Timur. Seiring dengan berdirinya Jurusan Biologi maka Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi “Semut Merah” juga didirikan yang bertujuan untuk membantu dalam penyelenggaraan visi dan misi Jurusan Biologi.

Cikal bakal (embrio) HMJ Biologi berawal dari  Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang yang pada awalnya merupakan Program Studi Tadris (Pendidikan) IPA (Biologi), berdasarkan surat Keputusan Dirjen Binbaga Islam No. E/107/1998, tanggal 13 Mei 1998. Pada saat itu Program Studi Tadris IPA (Biologi) berada di bawah naungan Jurusan Tarbiyah STAIN Malang. Perkembangan selanjutnya berdirilah Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dengan dua program studi yaitu Matematika dan Biologi. Berdasarkan rekomendasi Dirjen DIKTI Departemen Pendidikan Nasional No. 3445/D/T/2002, tanggal 20 November 2002, Jurusan MIPA STAIN Malang berkembang menjadi 4 program studi, yaitu Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia.

Nama HMJ BIologi digandrungi dengan nama “Semut Merah” yang merupakan sebuah lambang kerjasama yang solid. Selain itu semut merah juga melambangkan persaudaraan dan keberanian. Hal ini didasari oleh tali persaudaraan yang kuat antar mahasiswa pada lintas angkatan yang telah tertanam pada budaya Jurusan Biologi. Seiring dengan berkembangnya budaya akademik yang signifikan Jurusan Biologi berstatus terakreditasi A berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor: 021/ BAN-PT/ Ak-XIV/ S1/ VIII/ 2011 dengan masa berlaku mulai 18 Agustus 2011 sampai dengan 18 Agustus 2016. Dengan status terakreditasi A tersebut, HMJ Biologi “Semut Merah” bertekad untuk membantu Jurusan Biologi dalam mempertahankan nilai akreditasi yang telah diperoleh, di samping juga berkomitmen untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis biologi serta meningkatkan pelatihan-pelatihan softskill mahasiswa untuk menanamkan jiwa profesionalitas yang berintegrasikan Agama Islam sebagai ciri khas UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.